Sayur Bobor Hemat Enak Seger

Bahan-bahan

 3 porsi

  1. 2 buah oyong
  2. 1 buah wortel
  3. 1 genggam toge kedelai (bisa diganti toge yang lain)
  4. 1 genggam jagung muda, bisa diganti jagung muda dipotong2 juga
  5. 50 ml santan
  6. Air secukupnya (saya pakai kurang lebih 1,2 liter)
  7. Bumbu
  8. 4 buah bawang merah
  9. 2 siung bawang putih
  10. 1 ruas kencur, kira-kira sebesar satu ruas jari telunjuk
  11. 1/2 sendok teh ketumbar
  12. 2 lembar daun salam
  13. 1 ruas lengkuas, kira-kira sebesar ibu jari
  14. secukupnya Garam dan gula
  15. 2-3 buah cabai rawit jika suka agak pedas

Langkah

  1. Kupas bagian yang keras dari oyong, lalu potong sesuai selera. Saya sukanya potong bulet-bulet. Hehe. Wortel dikupas dan dipotong-potong juga. Toge atau kecambah dibersihkan dari kulit arinya, cuci bersih, lalu sisihkan.
  2. Uleg halus bahan bumbu kecuali daun salam dan lengkuas
  3. Didihkan air di panci. Saat air mendidih, masukkan bumbu halus, daun salam, dan lengkuas. Rebus selama kurang lebih 1 menit.
  4. Masukkan wortel dan jagung. Rebus selama kurang lebih 3-4 menit.
  5. Setelah wortel dan jagung setengah matang, masukkan oyong dan toge. Rebus sampai warna putih di oyong agak jernih.
  6. Saat oyong hampir matang (bagian putihnya mulai jernih dan transparan, ku bingung ngasih taunya gimana. Hehe), masukkan santan dan terus aduk sampai santan tercampur rata dan mendidih kembali.
  7. Jika santan sudah tercampur, matikan kompor. Bumbui sayur dengan gula dan garam secukupnya. Kalau bisa jangan pakai micin karena akan menghilangkan rasa authentic sayur bobornya. Kalau pengen banget dikasih penyedap rasa, sebaiknya pakai kaldu jamur atau kaldu ayam saja. Pokoknya jangan pakai micin soalnya kurang cocok aja kalo dipake ke sayur bobor.
  8. Dimakan pakai nasi sama tempe goreng enak bangettt. Untuk resep tempe gorengnya teman-teman bisa liat di resep yang aku lampirkan di bawah ini yaa. Oiya, ini karena aku suka sambel, meskipun sayurnya udah pedes kutambahin pake sambel terasi lagi. Beuuh nikmatnyaaa.

Reply