Risoles

Bahan-bahan

 6 pcs

  1. Adonan Kulit Lumpia
  2. 60 gr Tepung Terigu
  3. 108 ml Air
  4. Sejumput Garam
  5. Isian Risoles
  6. 1 bh Wortel
  7. 1 bh Kentang
  8. 5 bh Bakso
  9. 1 bh Daun bawang
  10. Royco
  11. Lada
  12. Garam
  13. Bahan Pembalut
  14. 1 bh Telur
  15. Tepung panir

Langkah

  1. Campurkan semua bahan adonan kulit lumpia. Aduk hingga rata. Lalu saring agar tidak ada tepung yang menggumpal (agar kulit lumpia nya mulus gak bergerendel :))
  2. Siapkan teflon (aku pake ukuran 18cm). Olesi teflon dengan minyak goreng, bisa menggunakan tissu atau kuas.
  3. Tuang adonan secukupnya di permukaan teflon. Kalo aku pribadi lebih suka kulit yg agak tebel hehe
  4. Panaskan adonan menggunakan api kecil/api lilin. Tunggu hingga kulit telihat meletup2, atau pinggirannya mulai terangkat. Lalu sisihkan.
  5. Buat isian risoles. Potong kecil2 wortel, kentang, bakso dan daun bawang.
  6. Panaskan sedikit minyak. Tumis wortel, kentang bakso dan daun bawang.
  7. Tambahkan garam, royco, dan lada secukupnya. Tumis hingga matang. Lalu sisihkan.
  8. Kocok 1 bh telur, sisihkan. (Sebagai perekat dan pelapis). Siapkan juga secukupnya Tepung Panir dalam wadah terpisah.
  9. Masukkan bahan isian kedalam kulit lumpia. Lalu lipat kulitnya (kiri-kanan, atas-bawah). Jangan lupa oleskan sedikit telur pada tepian kulit saat melipat.
  10. Celupkan adonan yg sudah dilipat kedalam telur, lalu balurkan ke Tepung panir hingga menutupi semua permukaan adonan.
  11. Goreng adonan dengan api kecil hingga kecoklatan (golden brown).
  12. Tiriskan. Lalu siap untuk disajikan dehh :). Selamat mencobaa~
  13. Notes1: aku sendiri perkirakan, 1 kulit tuh 10 gr tepung terigu. Jadi tinggal dikali 10 aja per pcs yg mau dibuat.
  14. Notes2: Perbandingan Tepung terigu:Air = 1:1,8. Jadi jumlah air yg ditambahkan = gr Terigu x 1,8. ^^

Reply