Keripik Pare keriuk πŸ‘©β€πŸ³

Bahan-bahan

  1. 1 kg pare
  2. 1 butir telur ayam
  3. 300 gram tepung beras
  4. 100 gram tepung tapioka
  5. 1/2 liter minyak goreng
  6. 1 sdt kaldu bubuk
  7. 1 sdt bawang putih bubuk
  8. 1/2 sdt garam
  9. Secukupnya air mendidih
  10. Secukupnya air dingin

Langkah

  1. Siapkan pare, cuci bersih kemudian potong dua, dan keluarkan bagian isinya.
  2. Iris tipis-tipis pare, kemudian beri 1,5 sdm garam, lalu balurkan ke seluruh pare yang sudah diiris, tidak perlu diremas. Biarkan hingga sekitar 20 menit.
  3. Setelah sekitar 20 menit, cuci dan bilas pare hingga benar-benar tiris, ulangi hingga 3-4 kali. Langkah ini untuk mengurangi rasa pahit pada pare.
  4. Setelah dicuci, kemudian kita siapkan panci isi air secukupnya atau setengah panci rebus hingga air mendidih, matikan api kompor, masukan air kedalam wadah yang berisikan pare hingga terendam seluruhnya dalam air panas, biarkan selama 3 menit, kemhdian segera tiriskan dan masukan kedalam baskom yang berisi air dingin. Kemudian peras pare kembali hingga benar-benar tiris.
  5. Ini hasil pare yang sudah siap untuk di goreng menjadi keripik. Selanjutnya kocok lepas 1 butir telur, beri sedikit saja garam dan kaldu bubuk. Tuangkan kedalam pare, aduk hingga benar-benar rata.
  6. Langkah selanjutnya, campurkan tepung beras, tapioka, kaldu bubuk, bawang putih bubuk, dan garam, aduk hingga rata.
  7. Siapkan wajan, tuangkan 1/2 liter minyak.
  8. Sambil menunggu minyak panas, masukan pare yang sudah dicampur kocokan telur kedalam campuran tepung kering tadi. Aduk rata hingga pare terlumuri tepung dengan rata dan tidak saling lengket satu sama lain.
  9. Goreng pare dalam minyak yang sudah panas dengan api sedang. Jangan kuatir, pare tidak akan saling lengket satu sama lainya. Jangan lupa sambil sesekali diaduk, setelah mateng ditandai dengan minyak yang tenang, angkat dan tiriskan.
  10. Biarkan hingga dingin lalu simpan di dalam toples. Selamat mencoba dan semoga suka.

Reply