Coklat Macaron oatmeal

Bahan-bahan

  1. 100 gram tepung oatmeal
  2. 100 gram gula icing
  3. 2 buah putih telur (70 gram)
  4. 50 gram gula kastrol
  5. Secukupnya pasta coklat
  6. Isian
  7. Aku pakai selai coklat biasa

Langkah

  1. Masukkan tepung oat, dan gula icing ke dalam blender. Ayak campuran tepung. Saya ayak 3 kali, kemudian sisihkan.
  2. Siapkan loyang lalu alasi dengan baking paper dan buat gambar bulat-bulat,. (Saya mengunakan silpat macaron ya jadi tidak perlu). Mixer putih telur, hingga keputihan. jika sudah mulai berbusa masukkan gula kastrol secara bertahan(3x)mixer setiap kali gula masuk. Tips: selalu gunakan alat yg bersih bebas lemak dan tidak basah.
  3. Mixer hingga berjejak,tandanya jika mangkuk dibalik tidak tumpah. Masukan pewarna coklat.
  4. Masukkan campuran tepung oat dan icing sugar ke dalam adonan putih telur, sambil saya ayak kembali (total ayak 3x, atau sesuaikan dg tekstur tepung nya ya jk sudh halus cukup 2x) Aduk balik menggunakan spatula. Aduk sambil agak ditekan agar tidak ada udara yang terjebak dalam adonan. Sampai adonan perlahan-lahan jatuh dari atas dari spatula.
    Tips :
    – Bila mengaduk adonan sebentar, tekstur macaroon akan pecah
    – Bila terlalu lama mengaduk tekstur makaron tidak akan mengembang.
  5. Aduk balik pelan2 saja. Sampai lava konsistensi (jika adonan di angkat akan mengalir lambar tapi kental ngga cair atau kata lain adonan diputar dibentuk angka 8 akan mudah. Tips: selalu gunakan icing sugar yang asli,saya sarankan jangan membeli icing sugar yg kiloan, karena takut isinya campuran maizena. Atau blender gula sendiri terus saring.
  6. Masukkan kedalam pipig bag, beri spuit bulat kecil.
  7. Spuitkan adonan kedalam loyang yang telah diberi alas kertas baking dengan gambar cetakan macaron (jangan isi lingkaran sampai penuh ya sisakan sedikit, nanti saat dihentakkan macaron akan melebar dan memenuhi gambar cetakan) hentakan loyang beberapa kali agar tidak ada udara dalam macaron.Biarkan 30 hingga 40menit agar permukaan mengering. Jng sampai 60 menit, karena terlalu lama akan membuat macaron gagal mengembang. Anginkan hingga terbentuk lapisan kulit dipermukaan, bila disentuh tdk lenket
  8. Panaskan oven sebelum dimasukkan loyang minimal 15 menit agar panasnya rata. Panggang macaron selama 20 menit dengan api 150 (benar2 kenali suhu oven nya ya) tips:10 menit pertama setelah adonan masuk, biasanya kakinya sudah terbentuk, saat itu pintu oven sy buka sedikit dan ganjal dengan sendok kayu. Tujuannya supaya oven tidak semakin memanas (yang akhirnya bikin retak). Tapi oven hrs tetap hidup untuk mematangkan.Setiap oven beda dan cara penanganannya beda juga.
  9. Keluarkan loyang dari oven biarkan beberapa saat sampai suhu ruang lepaskan macaron, lalu beri isin sesuai selera (saya isi dengan selai coklat) sajikan saat dingin.

Reply